4 Unsur Cinta

Peranan cinta dalam kehidupan tidak diragukan lagi pentingnya.Cinta diyakini sebagai dasar dari perdamaian, keharmonisan, ketentraman, kebahagiaan bahkan kebangkitan peradaban.

Cinta itu misteri, tidak ada kata2 yang bisa mewakili kedalamannya.Cinta tak dapat termuat dalam pembicaraan.Cinta adalah sebuah samudra yang kedalamannya tak terukur.Cinta tak dapat ditemukan dalam belajar dan ilmu pengetahuan, buku2 dan lembaran2 halaman.

Adapun Empat Unsur yang harus ada dalam cinta yaitu;

** CARE (Perhatian)Cinta harus melahirkan perhatian pada objek yang dicintai.Kalau kita mencintai diri sendiri, maka kita akan memperhatikan kesehatan dan kebersihan diri.Kalau kita mencintai orang lain,Maka kita akan memperhatikan kesulitan yang dihadapi orang tersebut dan akan berusaha meringankan bebannya.Kalau kita mencintai Allah SWT, maka kita akan memperhatikan apa saja yang Allah Ridhoi dan yang dimurkai-Nya.

** RESPONSIBILITY (Tanggung Jawab)Cinta harus melahirkan sikap tanggungjawab terhadap objek yang dicintainya.Orangtua yang mencintai anaknya, akan bertanggungjwab akan kesejahteraan material, spiritual dan masa depan anaknya.Suami yang mencintai istrinya, akan bertanggujawab akan kesejahteraan dan kebahagiaan rumahtangganya.Orang yang mencintai Tuhannya, akan bertanggung jawab untuk melaksanakan perintah-NYA dan Menjauhi larangan-NYA.Itulah responsibility.

** RESPECT (Hormat)Cinta harus melahirkan sikap menerima apa adanya objek yang dicintainya.Kelebihannya kita syukuri,Kekurangannya kita terima dan perbaiki.Tidak bersikap sewenang2 dan selalu berikhtiar agar tidak mengecewakannya.

** KHOWLEDGE (Pengetahuan)Cinta harus melahirkan minat untuk memahami seluk beluk objek yang dicintainya.Kalau kita mencintai seorang Wanita/Pria untuk dijadikan Isteri/Suami, maka kita harus berusaha memahami kepribadian, latar belakang keluarga, minat dan ketaatan beragamanya.Kalau kita mencintaui Allah, maka kita harus memahami ajaran2-NYA.

Bila Empat Unsur ini ada dalam kehidupan kita,InsyaAllah hidup kita akan bermakna.

Apapun yang kita lakukan, kalau berbasiskan cinta pasti akan terasa ringan.Karena itu Nabi SAW bersabda;"Tidak sempurna iman seseorang kalau dia belum mencintai orang lain sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri."(HR.Muslim)

Yakinlah bahwa hidup kita bermakna?!Jadikan cinta sebagai semangat perubahan diri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanah Surga , Katanya

Pantun Gombal Volume 1

Pejantan Tangguh